Teknik Melukis Dinding dengan Motif Bulu

Dengan beberapa warna cat dan segenggam bulu, Anda bisa menciptakan efek lukisan tiruan untuk menambahkan sentuhan khas ke ruangan manapun. Gunakan lap bulu untuk membuat tampilan bertekstur halus yang indah di kamar mandi, sarang atau kamar tidur.

Pergilah modern dengan tampilan pop-art yang menggunakan bulu tunggal sebagai alat lukis. Teknik lukisan bulu tunggal juga memberikan sentuhan akhir yang ideal untuk lukisan marmer tiruan. Apakah Anda melukis seluruh ruangan atau menonjolkan dinding aksen, lukisan bulu akan menambahkan dimensi baru pada repertoar do-it-yourself Anda.

1.  Gunakan lap bulu sebagai kuas raksasa untuk menciptakan efek bertekstur halus di dinding Anda. Pilih tiga warna cat yang terkait. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memilih tiga warna yang berdekatan dari sebuah chip cat. Gunakan warna tengah untuk melukis mantel dasar yang solid. 

Potong kain bulu sampai kira-kira sepertiga dari panjangnya, buat "kuas" kaku. Dengan menggunakan dua warna yang lebih gelap, celupkan kain bulu untuk melapisi tip dengan cat, kemudian oleskan lap pada kantong kertas untuk menghilangkan kelebihan cat. Tuang lap lurus ke dinding, biarkan area cat gelap berbintik-bintik. Ulangi untuk menutupi dinding dan biarkan mengering. Dengan menggunakan kain lap baru, ulangi langkah menerkam dengan warna cat paling ringan.

2.  Cat dengan bulu tunggal di atas dinding warna solid. Celupkan ujung lembut bulu ke cat kontras Anda dan masukkan dinding ke dalamnya dengan bebas, buat garis dan putar di manapun Anda inginkan. Cobalah menjentikkan bulu yang dicelup untuk membuat splatters acak cat di atas garis Anda. Gunakan satu atau dua warna kontras yang kuat untuk efek seni modern, atau hanya satu warna kontras rendah untuk tampilan yang halus dan canggih.

3. Gunakan teknik melukis bulu sebagai langkah terakhir dalam lukisan marmer tiruan. Celupkan sedikit bulu ke dalam cat putih yang bercampur glasir. Trace bulu dalam gerak memutar di atas permukaan yang dicat untuk menciptakan ilusi pembuluh darah halus yang menambah kedalaman tampilan marmer.

Tips :
Pilih bulu putih atau nondyed, jika mungkin, untuk menghindari risiko pewarna berdarah ke cat dan merusak pekerjaan Anda.
Memiliki bulu ekstra bulu dan bulu tersedia sebelum Anda mulai. Bila bulu-bulu itu jadi sarat dengan cat sehingga mereka tidak lagi memberi Anda tampilan yang Anda inginkan, Anda bisa membuangnya dan menggunakan yang baru.

Berlatihlah dulu pada sepotong besar inti busa putih atau papan poster sebelum Anda memasang lukisan dinding Anda. Ini akan membiarkan Anda memeriksa pilihan warna Anda saat Anda mengembangkan teknik Anda.



Back To Top