Cara Menghilangkan Gelembung Udara Pada Saat Pengecatan

Meski cat menggelegak biasanya berhubungan dengan lecet yang terbentuk saat cat tidak menempel ke permukaan, gelembung udara di cat itu sendiri juga bisa berakibat penampilan bergelombang dan tidak rata. Tidak mungkin mencegah gelembung udara masuk ke cat, tapi teknik yang tepat bisa menghentikannya muncul di lapisan akhir.


1. Pengadukan

Mengaduk cat terlalu kencang, terutama dengan tempelan bor elektrik, bisa menarik udara ke cat dan menciptakan sejumlah gelembung yang berlebihan. Masalah ini cenderung terjadi lebih sering pada kaleng cat parsial, dimana ada lebih banyak ruang untuk diaduk. Tidak mungkin untuk menghindari mengenalkan gelembung udara ke dalam cat saat diaduk, tapi diaduk dengan mantap dan lembut daripada cepat dan penuh semangat akan meminimalkan jumlah busa atau menggelegak.

2. Aplikasi

Sama seperti mengaduk terlalu cepat, mengoleskan cat terlalu cepat bisa menarik udara berlebih ke cat. Roller lebih cenderung menciptakan gelembung udara, namun kuas cat juga bisa menimbulkan masalah. Ini tidak perlu bekerja dengan kecepatan siput, tapi jangan terburu-buru dan tarik udara ke permukaan yang dicat. Over-rolling atau kembali ke tempat yang sama berulang kali dapat menyebabkan gelembung seperti permukaan cat yang tercipta rusak. Hal ini diperlukan untuk tumpang tindih stroke, tapi jangan terus melukis di atas suatu area begitu sudah cukup tertutup. Selain itu, menggunakan roller dengan tidur siang yang salah untuk permukaan, seperti tidur siang yang tebal di permukaan yang halus, bisa menyebabkan gelembung. Sesuaikan tidur siang roller ke permukaan yang dilukis.

3. Panas

Sebagian besar cat berkualitas termasuk senyawa self-leveling yang mendorong gelembung udara untuk pop dan kemudian menghaluskan sebelum cat mengering. Jika udara atau suhu permukaan terlalu tinggi, cat akan mengering sebelum gelembung memiliki kesempatan untuk dilepaskan dan cat diratakan. Hasilnya akan diakhiri dengan gelembung kecil yang terjebak atau penampilan kawah. Bekerja hanya bila suhu berada dalam kisaran yang direkomendasikan oleh produsen cat, biasanya di bawah 80 derajat.

4. Persiapan Permukaan

Cat licin pada permukaan yang belum selesai atau berpori dapat mengumpulkan gelembung udara saat didorong ke permukaan. Gloss dan cat semi-gloss paling mungkin memiliki masalah ini. Gunakan primer yang kedua segel permukaan dan menyediakan penutup untuk cat untuk pegangan. Biarkan primer benar-benar kering sebelum mengaplikasikan cat.


5. Thinner dan Paint

Menambahkan jenis cat thinner yang salah bisa menyebabkan gelembung pada cat saat keduanya tidak bercampur sama sekali. Pastikan thinner dibuat untuk jenis cat yang Anda gunakan; Misalnya, jangan mencampur produk yang dirancang untuk cat lateks menjadi cat berbasis minyak. Selain itu, pilihlah cat berkualitas tinggi yang self-leveling.


6. Kelembaban dan Kelembaban

Lukisan pada permukaan yang basah atau pada saat-saat kelembaban tinggi dapat menyebabkan cat menjadi gelembung setelah diaplikasikan. Ini berbeda dengan gelembung udara yang terjebak dalam cat, dan sebenarnya masalah dengan adhesi. Pastikan permukaan yang Anda lukis benar-benar kering, terutama permukaan kayu yang bisa menyerap kelembaban dan bisa memakan waktu beberapa hari sampai kering. Jika kelembaban relatif lebih tinggi dari sekitar 70 persen, tunggu sampai kelembaban turun sebelum melukis sehingga cat bisa sembuh dengan baik.



Back To Top